Sya’ban adalah salah satu bulan istimewa, bulan yang dihormati dalam
agama Islam, selain Muharram, Dzulhijjah dan Rajab. Lebih utama lagi
pada malam ke lima belas, yang dikenal dengan nama malam
Nisfu Sya’ban.
Sebagaimana dijelaskan dalam hadits shahih dari Mu‘az bin Jabal
Radhiallahu ‘anhu, bahwa pada malam ini “Allah menjenguk datang kepada
semua makhlukNya di Malam Nishfu Sya‘ban, maka diampuni segala dosa
makhlukNya kecuali orang yang menyekutukan Allah dan orang yang
bermusuhan.” (HR. Ibnu Majah, at-Thabrani dan Ibnu Hibban).Begitu juga hadits riwayat Aisyah r.a.
عن عائشة بنت أبي
بكر قالت: «قام رسول الله من الليل يصلي، فأطال السجود حتى ظننت أنه قد
قبض، فلما رأيت ذلك قمت حتى حركت إبهامه فتحرك فرجعت، فلما رفع إلي رأسه من
السجود وفرغ من صلاته، قال: يا عائشة أظننت أن النبي قد خاس بك؟، قلت: لا
والله يا رسول الله، ولكنني ظننت أنك قبضت لطول سجودك، فقال: أتدرين أي
ليلة هذه؟ قلت: الله ورسوله أعلم، قال: هذه ليلة النصف من شعبان، إن الله
عز وجل يطلع على عباده في ليلة النصف من شعبان، فيغفر للمستغفرين، ويرحم
المسترحمين، ويؤخر أهل الحقد كما هم»
Dari Aisyah radhiyallahu anha berkata bahwa Rasulullah SAW bangun
pada malam dan melakukan shalat serta memperlama sujud, sehingga aku
menyangka beliau telah diambil. karena curiga maka aku gerakkan telunjuk
beliau dan ternyata masih bergerak. Ketika beliau mengangkat kepalanya
dari sujud dan selesai dari shalatnya, beliau berkata, “Wahai Asiyah,
(atau Wahai Humaira’), apakah kamu menyangka bahwa Rasulullah tidak
memberikan hakmu kepadamu?”Aku menjawab, “Tidak ya Rasulallah, namun Aku
menyangka bahwa Anda telah dipanggil Allah karena sujud Anda lama
sekali.” Rasulullah SAW bersabda, “Tahukah kamu malam apa ini?” Aku
menjawab, “Allah dan rasul-Nya lebih mengetahui.”Beliau bersabda, “Ini
adalah malam nisfu sya’ban (pertengahan bulan sya’ban). Dan Allah muncul
kepada hamba-hamba-Nya di malam nisfu sya’ban dan mengampuni orang yang
minta ampun, mengasihi orang yang minta dikasihi, namun menunda orang
yang hasud sebagaimana perilaku mereka.” (HR Al-Baihaqi)
Begitulah kemurahan Allah swt yang diberikan kepada hambanya di malam
Nisfu Sya’ban. Sehingga dalam kesempatan lain Aisyah meriwayatkan
hadits lagi dengan banyaknya pengampunan itu semisal bulu kambing Bani
Kalb
عن عائشة بنت أبي بكر قالت: «قال رسول الله : "إن الله ينزل ليلة النصف من شعبان إلى السماء الدنيا، فيغفر لأكثر من عدد شعر غنم كلب"
Sesungguhnya Allah ‘Azza Wajalla turun ke langit dunia pada malam
nisfu sya’ban dan mengampuni lebih banyak dari jumlah bulu pada kambing
Bani Kalb (salah satu kabilah yang punya banyak kambing). (HR
At-Tabarani dan Ahmad)
Demikianlah hendaknya kesempatan ini tidak disia-siakan. Seorang
muslim yang bijak tentunya akan memanfaatkan malam Nisfu Sya’ban
sebaik-baiknya, dengan sebaik-baiknya memohon pengampunan dan
melaksanakan amal kebaikan sebanyak-banyaknya. Demikian hadits riwayat
Ali bin Abi Thalib menegaskan
عن علي بن أبي طالب
قال: «قال رسول الله : "إذا كان ليلة النصف من شعبان فقوموا ليلها وصوموا
نهارها فإن الله ينزل فيها إلى سماء الدنيا فيقول ألا من مستغفر فأغفر له ،
ألا من مسترزق فأرزقه ألا من مبتلى فأعافيه ألا كذا ألا كذا حتى يطلع
الفجر
Dalam hadis Ali, Rasulullah bersabda: "Malam nisfu Sya'ban, maka
hidupkanlah dengan salat dan puasalah pada siang harinya, sesungguhnya
Allah turun ke langit dunia pada malam itu, lalu Allah bersabda: "Orang
yang meminta ampunan akan Aku ampuni, orang yang meminta rizqi akan Aku
beri dia rizqi, orang-orang yang mendapatkan cobaan maka aku bebaskan,
hingga fajar menyingsing." (H.R. Ibnu Majah dengan sanad lemah).
Amalan Malam Nisfu Sya’banBerbagai amalan malam
Nisfu Sya’ban dapat dimulai setelah sholat maghrib. Berpegang pada
hadits Rasulullah saw, sebaiknya ibadah malam Nisfu Sya’ban ini
dilakukan secara individual (tidak berjama’ah). Namun juga tidak ada
pelarangan jika dilakukan secara berjama’ah. Dengan didahului shalat
sunnah dua rakaat yang niatnya adalah
أصلى سنة نصف شعبان ركعتين لله تعالى
Artinya: Aku niat shalat sunat nisfu sya’ban 2 rakaat sebagai karena Allah Ta’ala.
Bilangan
shalat sunnah Nisfu Sya’ban adalah 2 rakaat dengan 1 kali salam. Pada
rakaat pertama setelah Al-Fatihah membaca surat Al-Kafirun. Sedangkan
pada rakaat setelah Al-Fatihah membaca surat Al-Ikhlas.
Dalam Ihya’ Ulumiddin, Imam Ghazali memberikan petunjuk agar dalam
setiap rekaatnya setelah membaca fatihah hendaknya membaca surat
al-Ikhlas sebelas kali. Atau dapat juga shalat sepuluh rakaat disetiap
rakaatnya membaca Fatihah dan membaca al-Ikhlas seratus kali. Shalat ini
disebut juga shalat al-khair, hal ini berdasar pada apa yang dilakukan
oleh para ulama terdahulu.
Setelah shalat sunnah dua rekaat biasanya dilanjutkan dengan membaca
surat yasin tiga kali yang dan ditutup dengan do’a malam Nisyfu Sya’ban
di bawah ini
اَللَّهُمَّ يَا ذَا
الْمَنِّ وَ لا يَمُنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا اْلجَلاَلِ وَ اْلاِكْرَامِ ياَ
ذَا الطَّوْلِ وَ اْلاِنْعَامِ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ ظَهْرَ
اللاَّجِيْنَ وَجَارَ الْمُسْتَجِيْرِيْنَ وَ اَمَانَ اْلخَائِفِيْنَ .
اَللَّهُمَّ اِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِى عِنْدَكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ
شَقِيًّا اَوْ مَحْرُوْمًا اَوْ مَطْرُوْدًا اَوْ مُقْتَرًّا عَلَىَّ فِى
الرِّزْقِ فَامْحُ اللَّهُمَّ بِفَضْلِكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقَاوَتِي
وَ حِرْمَانِي وَ طَرْدِي وَ اِقْتَارَ رِزْقِي وَ اَثْبِتْنِىْ عِنْدَكَ
فِي اُمِّ اْلكِتَابِ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ
فَإِنَّكَ قُلْتَ وَ قَوْلُكَ اْلحَقُّ فِى كِتَابِكَ الْمُنْزَلِ عَلَى
نَبِيِّكَ الْمُرْسَلِ يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَ يُثْبِتُ وَ عِنْدَهُ
اُمُّ اْلكِتَابِ. اِلهِيْ بِالتَّجَلِّى اْلاَعْظَمِ فِي لَيْلَةِ
النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ الْمُكَرَّمِ الَّتِيْ يُفْرَقُ فِيْهَا
كُلُّ اَمْرٍ حَكِيْمٍ وَ يُبْرَمُ اِصْرِفْ عَنِّيْ مِنَ اْلبَلاَءِ مَا
اَعْلَمُ وَ مَا لا اَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ اْلغُيُوْبِ بِرَحْمَتِكَ
يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ
وَعَلَى اَلِهِ وَ صَحْبِهِ وَ سَلَّمَ . اَمِيْنَ
Artinya:
Ya Allah, Dzat Pemilik anugrah, bukan penerima anugrah.
Wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan. Wahai dzat yang
memiliki kekuasaan dan kenikmatan. Tiada Tuhan selain Engkau: Engkaulah
penolong para pengungsi, pelindung para pencari perlindungan, pemberi
keamanan bagi yang ketakutan. Ya Allah, jika Engkau telah menulis aku di
sisiMu di dalam Ummul Kitab sebagai orang yang celaka atau terhalang
atau tertolak atau sempit rezeki, maka hapuskanlah, wahai Allah, dengan
anugrahMu, dari Ummul Kitab akan celakaku, terhalangku, tertolakku dan
kesempitanku dalam rezeki, dan tetapkanlah aku di sisimu, dalam Ummul
Kitab, sebagai orang yang beruntung, luas rezeki dan memperoleh taufik
dalam melakukan kebajikan. Sunguh Engkau telah berfirman dan firman-Mu
pasti benar, di dalam Kitab Suci-Mu yang telah Engkau turunkan dengan
lisan nabi-Mu yang terutus: “Allah menghapus apa yang dikehendaki dan
menetapkan apa yang dikehendakiNya dan di sisi Allah terdapat Ummul
Kitab.” Wahai Tuhanku, demi keagungan yang tampak di malam pertengahan
bulan Sya’ban nan mulia, saat dipisahkan (dijelaskan, dirinci) segala
urusan yang ditetapkan dan yang dihapuskan, hapuskanlah dariku bencana,
baik yang kuketahui maupun yang tidak kuketahui. Engkaulah Yang Maha
Mengetahui segala sesuatu yang tersembunyi, demi RahmatMu wahai Tuhan
Yang Maha Mengasihi. Semoga Allah melimpahkan solawat dan salam kepada
junjungan kami Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabat beliau.
Amin.
sumber :
Nahdlatul Ulama