Oleh,
KH. M. Ali Maghfur Syadzili Iskandar, S.Pd.I
(فصل في القنوت)
وهو مستحب بعد الرفع من الركوع في الركعة الثانية من الصبح وكذلك الركعة الأخيرة
من الوتر في النصف الأخير من شهر رمضان
“(Fasal tentang qunut). Qunut
disunnahkan setelah bangkit dari ruku’ pada rakaat kedua dari shalat shubuh,
begitupula pada rakaat terakhir dari shalat witir pada paroh terakhir dari
bulan Ramadlan”
إذا استحببنا الجماعة في التراويح يستحب الجماعة أيضاً في
الوتر بعدها وأما في غير رمضان فالمذهب أنه لا يستحب فيه الجماعة (فرع) يستحب
القنوت في الوتر في النصف الأخير من شهر رمضان فإن بركعة قنت فيها وإن أوتر بأكثر
قنت في الأخيرة. وظاهر نص الشافعي رحمه الله كراهة القنوت في غير هذا النصف. ولفظ
القنوت هو ما تقدم في قنوت الصبح وبه قال جمهور الاصحاب ان الاستحباب يختص بالنصف
الاخير من رمضان لان عمر رضى الله عنه جمع الناس علي ابي بن كعب في صلاة التراويح
فلم يقنت الا في النصف الثاني ولم يبد من احد انكار عليه فكان ذلك اجماعا وعن عمر
رضي الله عنه انه قال السنة إذا انتصف شهر رمضان أن تلعن الكفرة في الوتر بعد ما
يقول سمع الله لمن حمده ثم يقول اللهم قاتل الكفرة
“Ketika kami mengategorikan
sunnah terhadap jama’ah shalat tarawih, maka kami juga mengategorikan sunnahnya
berjama’ah
pada shalat witir setelah
bertarawih. Adapun di luar Ramadlan Madzhab tidak menghukumi sunnah berjamaah
dalam witir. (Far’). Disunnahkan berqunut ketika shaat witir pada separoh
terakhir dari bulan Ramadlan, karena berkah qunut berada pada waktu tesebut.
Jika seseorang berwitir dengan rakaat yang banyak, maka berqunutlah pada rakaat
terakhir. Yang jelas dalam pernyataan Imam Syafi’i, adalah makruhnya berqunut
pada selain paroh terakhir Ramadlan. Lafadz qunut sudah dijelaskan dalam qunut
shalat shubuh. Kebanyakan pengikut Madzhab Syafi’i berpendapat bahwa kesunnahan
berqunut hanya tertentu pada paroh terakhir Ramadlan karena sahabat Umar RA mengumpulkan
umat Islam kepada Ubay bin Ka’ab ketika tarawih, dia tidak berqunut pada selain
paroh kedua; dan tidak ada penolakan dari seorang sahabatpun dalam hal ini
sehingga menjadi konsensus (kesepakatan). Dan sahabat Umar menyatakan,
sesungguhnya jika bulan Ramadlan terbagi, maka yang disunnahkan adalah mengutuk
kekufuran pada shalat witir setelah mengucapkan
sami’allahu liman hamidah
lalu berdoa “Wahai Allah! Binasakanlah kekufuran”
(فَصْلٌ الْقُنُوتُ مُسْتَحَبٌّ
بَعْدَ) التَّحْمِيدِ فِي (اعْتِدَالِ ثَانِيَةِ الصُّبْحِ وَأَخِيرَةِ الْوِتْرِ
فِي النِّصْفِ الْأَخِيرِ مِنْ رَمَضَانَ) لِلِاتِّبَاعِ فِيهِمَا رَوَاهُ
الشَّيْخَانِ فِي الْأُولَى وَالْبَيْهَقِيُّ فِي الثَّانِيَةِ وَقَالَ الْحَسَنُ
بْنُ عَلِيٍّ عَلَّمَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
كَلِمَاتٍ أَقُولُهُنَّ فِي الْوِتْرِ اللَّهُمَّ اهْدِنِي إلَى آخِرِهِ رَوَاهُ
التِّرْمِذِيُّ وَحَسَّنَهُ، وَالْحَاكِمُ وَصَحَّحَهُ عَلَى شَرْطِ الشَّيْخَيْنِ.
وَرَوَى الْبَيْهَقِيُّ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ وَغَيْرِهِ أَنَّهُ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُعَلِّمُهُمْ هَذِهِ الْكَلِمَاتِ لِيَقْنُتَ بِهَا فِي
الصُّبْحِ، وَالْوِتْرِ
“(Fasal). Berqunut disunnahkan
setelah membaca
tacmid pada I’tidal kedua shalat shubuh dan pada rakaat
akhir witir ketika paroh terakhir dari Ramadlan, karena mengikuti jejak Nabi
pada keduanya. Yang pertama (qunut shubuh) riwayat Imam Bukhari dan Muslim dan
pada yang kedua (qunut witir) pada riwayat Imam Baihaqi. Sayyid Hasan bin Ali
berkata “Rasulullah SAW mengajarkanku beberapa kalimat yang aku baca ketika
witir, yakni Allahummahdini dan seterusnya, riwayat Imam Tirmidzi yang dia
mengategorikan hadits ini sebagai hadits hasan (satu tingkat di bawah shahih);
dan Imam Hakim yang mengategorikannya shahih sesuai dengan kriteria Imam
Bukhari dan Muslim. Imam Baihaqi meriwayatkan dari Ibnu Abbas dan lainnya bahwa
sesungguhnya Rasulullah SAW mengajarkan kalimat ini kepada para sahabat untuk
dijadikan qunut pada shalat shubuh dan witir”
Link Download : PDF (Belum Tersedia)
Di Upload oleh OSMADIM (Organisasi Santri Madrasah Diniyah Manbaul Falah) Sie TIK